Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN STRATEGI PETUNJUK KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU
Nama: MOH. VEBRIAWAN L.
Tahun: 2025
Abstrak
Mohammad Vebriawan Listanto (A 121 20 043) “Penggunaan Strategi Petunjuk Kontekstual dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di bawah bimbingan Sriati Usman dan Wahyudin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Strategi Petunjuk Kontekstual dapat membantu meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental dengan populasi sebanyak 150 siswa. Dari populasi tersebut, 30 siswa dipilih sebagai kelompok eksperimen (Ki Hajar) dan 30 siswa lainnya sebagai kelompok kontrol (Suratin) pengambilan sampel dilakukan secara purposif. Untuk mengumpulkan data, kedua kelompok diberikan tes pilihan ganda yang dilaksanakan sebagai pre-test dan post-test. Hasil pre-test menunjukkan bahwa kelompok kontrol memiliki skor rata-rata yang sedikit lebih tinggi (63) dibandingkan kelompok eksperimen (58). Namun, setelah penerapan Strategi Petunjuk Kontekstual, skor post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen dengan skor rata-rata 83, dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mencapai 69. Selain itu, analisis statistik menunjukkan bahwa nilai t-hitung (3,14) lebih besar daripada nilai t-tabel (2,002) pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil ini dengan jelas menunjukkan bahwa penggunaan Strategi Petunjuk Kontekstual dapat secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Dengan demikian, strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata siswa kelas VIII di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Kata Kunci: Kosakata, Petunjuk Kontekstual, Penguasaan Kosakata

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up