Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KECEMASAN BERBICARA PADA MAHASISWA SEMESTER KEDUA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING (EFL) DI UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: ZIKRULLAH
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris dan cara-cara yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kecemasan mereka. Dalam penelitian kualitatif ini, data dikumpulkan melalui Observasi, Kuesioner, dan Wawancara. Berdasarkan ketiga instrumen yang digunakan, hasil penelitian menunjukkan ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kecemasan saat ingin berbicara, diantaranya adalah Berbicara di depan kelas, Ditertawakan orang lain, Keyakinan siswa tentang belajar bahasa Inggris, dan Kurangnya persiapan. data dikumpulkan dari 181 siswa melalui kuesioner yang diadopsi dari Skala Kecemasan Kelas Bahasa Asing yang sudah ada (FLCAS). Data menunjukkan bahwa 89 dari 181 siswa mengalami tingkat kecemasan yang rendah, 87 dari 181 siswa mengalami tingkat kecemasan yang sedang, dan 5 dari 181 siswa mengalami tingkat kecemasan yang tinggi. Hal ini berarti sebagian besar siswa mengalami tingkat kecemasan berbicara yang rendah hingga sedang. Selanjutnya dilakukan wawancara kepada 5 mahasiswa yang memiliki tingkat kecemasan tinggi, untuk mengetahui bagaimana cara mereka mengatasi kecemasan yang dialaminya, hasil wawancara menunjukkan bahwa ada tiga cara yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kecemasannya, yaitu Persiapan, Relaksasi, dan Berpikir Positif. Dalam hal ini hasil temuan menunjukkan bahwa tingkat kecemasan berbicara pada 181 mahasiswa angkatan 2023 program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tadulako berada pada tingkat rendah dan sedang. Kata kunci: Analisis, Berbicara, Kecemasan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up