JudulPeningkatan Ukuran Kosa Kata Siswa Kelas VIII Di MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu Melalui Metode Scaffolding |
Nama: HILYATIN AKROMAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode scaffolding dalam meningkatkan jumlah kosakata siswa di MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu. Siswa kelas VIII berpartisipasi dalam penelitian ini. Dua kelas diidentifikasi sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam desain penelitian kuasi-eksperimen ini. Peneliti menggunakan pretest dan posttest untuk mengumpulkan data. Kemudian, SPSS versi 23 digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest siswa di kelas eksperimen (78,22) lebih tinggi daripada nilai rata-rata di kelas kontrol (59,56). Lebih lanjut, berdasarkan hasil uji-t sampel independen, nilai sig (2 tailed) (0,001) lebih rendah dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima. Oleh karena itu, metode scaffolding dapat meningkatkan kosakata siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu. |