JudulPenerapan Teknik Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Sepuluh SMA Negeri 2 Sojol |
Nama: ANGGUN AULIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRACT This objective of this research is to find out if using Group Work teachnique can improve students’ reading comprehension of the tenth grade students at SMA Negeri 2 Sojol. The approach of this study was quantitative. This research is classified as quasi-experimental research design. The experimental class consisted of 22 students and control class consisted 23 students. They were selected by using total sampling technique. In collecting data, the researcher administered pretest and posttest to both the experimntal class and control class. The data were analyzed statistically in order to find out the significant difference of students’ result before and after treatments. Using 0.05 level of significance and 43 degree of freedom (df), the researcher found that the value of t-table was 1.683, which was lower than the t-counted 4.20. It means that the research hypothesis is accepted. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan teknik kerja kelompok dapat meningkatkan keterampilan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 2 Sojol. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Peneliti ini tergolong dalamdesain penelitian quasi-experimental. Kelas ekperimn terdiri dari 22 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 23 siswa. Mereka dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Dalam mengumpilkan data, penelitian memberikan pretest dan posttest pada kelas eksperim dan klas kontrol. Data analisis secara statistik untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dari hasil siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan menggunakan tingkat signifikansi 0.05 dan derajat kebebasan (df) 43, peneliti menemukan bahwa nilai t-table adalah 1.683, yang lebih rendah dari t-counted 4.20. Artinya hipotesis penelitian diterima. |