Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTHE EFFECTIVENESS OF USING RECIPROCAL TEACHING STRATEGY TO IMPROVE READING COMPREHENSION OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 1 SOJOL
Nama: FARADILA ENTEDING
Tahun: 2024
Abstrak
Faradila Enteding (A12120016). “Efektivitas Penggunaan Strategi Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Sepuluh SMA Negeri 1 Sojol.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Ferry Rita, Nur Sehang Thamrin, dan Wahyudin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi Pembelajaran Terbalik dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sojol. Peneliti menerapkan desain eksperimen semu dengan menggunakan purposive sampling untuk mendapatkan sampel. Instrumen pengumpulan datanya adalah menggunakan pre-test dan post-test. Pre-test digunakan untuk mengukur kemampuan dasar siswa, dan post-test digunakan untuk mengukur peningkatan pemahaman membaca siswa setelah peneliti menerapkan treatment. T-test dianalisis untuk membandingkan skor rata-rata kelompok eksperimen (77,23) dan kelompok kontrol (74,71). Tingkat signifikansinya adalah 0,05 dengan derajat kebebasan 60 (df = 65). Hasil analisis data menunjukkan bahwa t-counted (6,54) lebih tinggi dari t-table (1,659). Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis penelitian ini diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan strategi Pembelajaran Terbalik efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sojol. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Efektivitas, Pemahaman Membaca.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up