JudulMENGGUNAKAN AKTIFITAS MEMBACA TERARAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS DELAPAN DI SMP NEGERI 2 TINOMBO SELATAN |
Nama: RIZKIA NUR ANNISA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Rizkia Nur Annisa (A 121 20 012) “Menggunakan Aktivitas Membaca Terarah Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Delapam di SMP Negeri 2 Tinombo Selatan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di bawah bimbingan Nur Sehang Thamrin dan Desrin Lebagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah DRTA dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tinombo Selatan. Sampel penelitian ini berjumlah 52 siswa yang terbagi dalam 26 siswa VIII A sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas VIII B sebagai kelas control. Peneliti menerapkan desain eksperimen semu dengan menggunakan total sampling untuk mendapatkan sampel. Instrument pengumpulan datanya adalah tes membaca yang terdiri dari pretests dan posttest. Setelah melakukan perlakuan, data menunjukan bahwa kelas eksperimen menunjukan peningkatan dalam keterampilan mendengarkan mereka dibandingkan dengan kelas kontrol. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggukanakan SPSS versi 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa di kelas eksperimen nilai rata-rata pretests adalah (55.58) dan posttest adalah (77.50). sementara itu, pada kelas kontrol nilai rata-rata pretests adalah sebesar (52.88) dan postests sebesar (67.88). berdasarkan hasil uji independensi sampel t-test diperoleh nilai sig (2 tailed) (0.000) lebih kecil dari 0.50. hal ini menunjukan bahwa hipotesis alternative diterima. Oleh karna itu, DRTA efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 2 Tinombo Selatan. Kata kunci: Pemahaman Membaca, Directed Reading Thinking Activity (DRTA) |