JudulPENERAPAN UMPAN BALIK TEMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PALU |
Nama: FALLAH MAHARANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penerapan umpan balik dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palu yang berjumlah 356 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel acak untuk mengambil sampel. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yang berjumlah 64 siswa kelas 7D dan 7F. Selama proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tes tertulis. Tes ini dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu tes awal dan tes akhir. Dalam pengumpulan data, siswa ditugaskan untuk menulis teks deskriptif selama 40 menit. Teks tulisan sebagai data dianalisis secara statistik. Hasilnya menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen meningkat dari (51,22) menjadi (81,55), sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol meningkat dari (54,82) menjadi (71,96). Berbeda dengan hasil tes awal yang nilai rata-rata kelompok kontrol secara statistik lebih tinggi dibandingkan kelompok eksperimen. Peneliti menemukan bahwa t-hitung lebih tinggi dibandingkan t-tabel (6,29>1,670). Dengan demikian, dapat diartikan bahwa hipotesis tersebut diterima. Kesimpulannya, umpan balik rekan adalah teknik yang direkomendasikan dalam pengajaran menulis. Kata Kunci: Teks deskriptif, Peningkatan, Umpan balik teman, keterampilan, menulis |