Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul IMPLEMENTASI STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MEMPERBAIKI KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS DELAPAN DI SMPN MODEL TERPADU MADANI PALU
Nama: ELAN FIRANA
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan strategi Think Pair Share dapat memperbaiki keterampilan berbicara siswa di kelas delapan SMPN Model Terpadu Madani Palu. Penelitian ini mengunakan design quasi experimental. Populasi sebanyak 149 siswa. Ada 60 sampel yang terdiri dari kelas Ki Hajar Dewantara dan Gajah Mada yang dipilih dengan mengunakan Teknik cluster random sampling. Instrument pada penelitian ini adalah Simple Past Tense. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikumpul melalui pre-test dan post test. Hasil dari test di analisis dengan mengunakan SPSS. Hasil dari post test menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa meningkat dengan mengunakan strategi Think-Pair-Share. Berdasarkan hasil dari t-test untuk independent sample bahwa p-value(sig) lebih rendah dari chosen alpha level (0.045 < 0.05). Nilai mean dari kelas experimental yaitu 2.069 sedangkan nilai mean dari kelas control yaitu 0.194. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Think Pair Share sangat memperbaiki keterampilan berbicara siswa dan juga di dukung oleh analisis data yang mengunakan paired sample t-test menunjukan bahwa p-value(sig) lebih rendah dari chosen alpha (0.000 < 0.05). yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan mengunakan strategi Think-Pair-Share.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up