JudulPENGGUNAAN SCAVENGER HUNT GAME DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PALU |
Nama: VITHA RAHMALIA DEWI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan permainan scavenger hunter dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMK negeri 3 palu. Peneliti menggunakan desain penelitian pra eksperimental. Sampelnya adalah X A dengan menggunakan teknik purposive sampling. Tes merupakan instrumen utama untuk mengumpulkan data. Pre-test digunakan untuk mengukur pemahaman membaca siswa sebelum diberikan perlakuan dan post-test digunakan untuk mengukur pemahaman membaca siswa setelah diberikan perlakuan. Analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test.. Berdasarkan hasil teks tersebut, nilai rata-rata kelas pada pre-test adalah 50,67 dan post-test adalah 79,71. Selanjutnya nilai thitung (3,24) lebih besar dari nilai ttabel (2,008). ketika menerapkan derajat kebebasan 32 (df) dan tingkat signifikansi 0,05. Artinya hipotesis tersebut diterima. Dengan kata lain, penggunaan Scavenger Hunt Game efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMK Negeri 3 Palu. |