JudulPENGGUNAAN QUESTION GENERATION STRATEGY (QGS) UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: DELFI PAPASI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Delfi Papasi (A 121 19 241). “Penggunaan Question Generation Strategy(QGS) Untuk Mengembangkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas DelapanSMP Negeri 7 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, JurusanPendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Aminah dan Afrillia Anggreni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa Question Generation Strategy (QGS) dapat mengembangkan pemahaman membaca siswa. Penelitian initerbatas pada pemahaman literal dan inferensial/interpretatif dalam teks deskriptif.Peneliti menerapkan desain penelitian kuasi-eksperimental. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 22 siswa dan kelasVlll C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Pengumpulan data dilakukanmelalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapatpeningkatan yang signifikan dalam skor siswa yang diajar menggunakan Strategi Pembuatan Pertanyaan (QGS). Peningkatan tersebut terlihat dari perubahankualifikasi mahasiswa dari sebelumnya buruk menjadi wajar. Lebih jauh lagi nilai t-count adalah 5,26 sedangkan t-table adalah 1,68 yang berarti t-count lebih tinggi dari t-table. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima dan hipotesis penelitianditerima. Dengan kata lain, penggunaan Strategi Pembuatan Pertanyaan (QGS)dapat mengembangkan pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palu. Implikasinya, guru disarankan untuk menggunakan Strategi Pembuatan Pertanyaan (QGS) dalam mengajarkan pemahaman bacaan, terutama di tingkat SMP. Kata Kunci: Mengembangkan, Pemahaman Membaca, Question GenerationStrategy |