JudulPenerapan Penggunaan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Sepuluh SMK Bala Keselamatan Kota Palu |
Nama: WINDA ALTHESYA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah teknik pemetaan pikiran dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas sepuluh SMK Bala Keselamatan Kota Palu. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental yang melibatkan kelas experiment dan kelas kontrol. Sampelpenelitian ini adalah kelas X TPL sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 25 siswa dan kelas X TKJ sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 23 siswa . Sampel dipilih menggunakan Teknik simple random sampling. Data penelitian dikumpul melalui, pre-test dan post-test. Perlakuan hanya diberikan kepada kelas eksperimen. Data dianalisa secara statistic untuk mengetahui perbedaan signifikan pencapaian siswa dalam dalam pre-tes dan post-test. Skor rata-rata pre-test kelas experimen adalah 48,16, sedangkan kelas kontrol adalah 54,78. Skor rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 83,4, sedangkan kelas kontrol adalah 72,17 .Dengan menggunakan level of significance 0,05 dan 46 degree of, peneliti menemukan bahwa nilai t-counted (12.12) lebih tinggi dari nilai t-table (1.991). Ini menunjukkan bahwa hipotesa diterima. Dengan kata lain penggunaan teknik pemetaan pikiran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas sepuluh SMK Bala Keselamatan Kota Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa meningkat setelah dilakukan treatment yang disebabkan oleh penerapan teknik mind map. Artinya penerapan Teknik Pemetaan Pikiran dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa perempuan yang kesepuluh. The objective of this research is to prove whether the implementation of mind mapping technique can improve the writing skill of the tenth grade students at SMK Bala Keselamatan Kota Palu. This research used quasi-experimental research design involving an experimental class and a control class. The sample for this research was class X TPL as an experimental class consisting of 25 students and class X TKJ as a control class consisting of 23 students. The sample was selected using simple random sampling technique. Research data were collected through pre-test and post-test. The Treatment was only given to the experimental class. The data were analyzed statistically to determine significant differences in student achievement in the pre-test and post-test. The average pre-test score for the experimental class was 52.64, while the control class was 58.26. The average post-test score for the experimental class was 84.16, while the control class was 72.74. Using a level of significance of 0.05 and 46 degrees, the researchers found that the t-counted (12.12) value was higher than the t-value table (1.991). This shows that the hypothesis is accepted. In other words, the use of mind mapping technique can improve the writing skills of tenth grade students at SMK Bala Keselamatan Palu. The result indicates that students' writing skills improvess after the treatment is carried out, which is the implementation of mind mapping technique. It means the implementation of Mind Mapping Technique can improve writing skills of the tenth gade students. |