Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStudi Tentang Implementasi Teknik Clustering Dalam Pengajaran Writing
Nama: HANIF MOHAMMAD DJ. HANUSU
Tahun: 2023
Abstrak
Hanif Mohammad Dj. Hanusu (A 121 19 225). “Studi tentang Implementasi Teknik Clustering dalam Pengajaran Menulis”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Konder Manurung dan Zarkiani Hasyim. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau bagaimana teknik clustering diimplementasikan dalam pengajaran menulis teks recount dan seberapa efektif pengimplementasian teknik clustering dalam pengajaran menulis teks recount. Penelitian ini dilakukan melalui metode penelitian kepustakaan. Sumber data diambil dari beberapa dokumen artikel ilmiah dan skripsi antara 2013 dan 2022. Ada dua artikel ilmiah dan tiga skripsi yang ditinjau, yaitu : Samsiati (2014); Puspitasari (2016); Sholihah, Sutapa dan Susilawati (2018); Mad-Adam (2020); Juanda, Amri, dan Syafrizal (2022). Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi teknik clustering dalam pengajaran menulis teks recount dilakukan dengan prosedur teknik clustering dari para ahli yang berbeda. Para peneliti pada lima studi mengadaptasi dan memodifikasi prosedur teknik clustering dari Rico (1983), Buscemi (2002), Meade (2010) dan Kalandadze (2007). Lima studi menunjukkan bahwa para peneliti mengimplementasikan teknik clustering dengan cara yang berbeda. 1) Samsiati membebaskan siswa untuk mengungkapkan ide- ide mereka sebagai topik dan kata-kata terkait. 2) Puspitasari membiarkan siswa berpikir dan menulis sebanyak mungkin ide dan kata yang berhubungan dengan topik utama. 3) Sholihah, Sutapa dan Susilawati membimbing siswa untuk bekerja dalam kelompok, berpasangan, hingga individu dalam setiap pertemuan. 4) Mad- Adam memberikan prosedur lebih rinci dan menambahkan satu prosedur kreatif. 5) Juanda, Amri dan Syafrizal menjelaskan prosedur yang lebih sederhana dan mudah dipahami. Berdasarkan lima studi yang ditinjau, mereka menunjukkan bahwa teknik clustering efektif dan berhasil dalam meningkatkan kemampuan menulis teks recount siswa. 1) dengan menggunakan teknik clustering, dapat membantu memotivasi siswa untuk menulis bahasa Inggris. 2) sebagian besar siswa antusias untuk belajar menulis teks recount dengan menggunakan teknik clustering. 3) teknik clustering membuat siswa lebih kreatif dalam menghasilkan ide. 4) peneliti menemukan bahwa siswa telah memahami tentang bagaimana menulis teks recount. 5) masalah siswa dapat diselesaikan setelah penerapan teknik clustering. Itu berarti bahwa pengimplementasian teknik clustering dalam pengajaran menulis teks recount efektif meskipun digunakan dengan cara yang berbeda. Kata Kunci: teknik clustering, menulis teks recount

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up