JudulPenerapan Video Pendek Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas IX SMK Negeri 2 Bulagi Utara |
Nama: NUR ANISA DIONGAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nuranisa Diongan (A12119195). “Applying Short Videos in Teaching Writing of Descriptive Text at Eleventh Grade Students of SMK Negeri 2 Bulagi Utara”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dibawah bimbingan Mukrim, S.Pd., M. Ed., Ph. D dan Maf’ulah, S. Pd,. M. Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan penggunaan video pendek saat mengajar menulis teks deskriptif pada kelas sebelas di SMK Negeri 2 Bulagi Utara. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental. Teknik pengumpulan data melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam belajar menulis teks deskripsi menggunakan video pendek dari selisih antara pre-test (22) dan post-test (33) adalah 10. Oleh karena itu, dapat dilihat dari t-count lebih besar dari t-tabel (5,4 > 1,9). Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa teknik mengajar menggunakan video pendek dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas sebelas SMK Negeri 2 Bulagi Utara. Istilah kunci: mengajar, menulis, teks deskripsi, video pendek |