Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTHE IMPLEMENTATION OF TASK-BASED LEARNING IN TEACHING SPEAKING SKILLS OF THE GRADE X STUDENTS OF SMA NEGERI 1 AMPIBABO
Nama: WIWIT WARDHANI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Wiwit Wardhani (A 121 19 188). Skripsi ini berjudul The Implementation of Task-Based Learning to Improve Speaking Skills of Grade X Students di SMA Negeri 1 Ampibabo. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Departemen Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Pelatihan dan Pendidikan Guru, Universitas Tadulako. Ia berada di bawah pengawasan Nadrun dan Anjar Kusuma Dewi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran berbasis tugas dapat meningkatkan keterampilan berbicara SMP Negeri 1 Ampibabo atau tidak. Penelitian ini bersifat quasi-eksperimental. Desain kelompok kontrol yang tidak setara. Sampel dibagi menjadi dua kelas: kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimental terdiri dari 30 siswa, dan kelompok kontrol terdiri atas 30 siswa. Mereka dipilih menggunakan teknik sampling acak. Teknik pengumpulan data adalah pre-test dan post-test. Alat untuk mendapatkan skor siswa adalah tes lisan dalam bentuk tes bicara. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan rumus t-test. Data tersebut dianalisis melalui statistik inferensial, yang menunjukkan bahwa nilai t-test 3.23 lebih tinggi dari t-table 1.67, dengan tingkat signifikan 0.05. Selain itu, skor ratarata dari kelompok eksperimen meningkat dari pra-test (48.13) ke posttest (66.4), dengan skor penyimpangan 18.26, dan kelompok kontrol juga meningkat dari Pra-Test (41.8) ke Posttest (46.93), dengan skor Penyimpangan 5.13. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis tugas dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMAN 1 Ampibabo, atau bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam berbicara setelah menggunakan metode belajar berbasis pekerjaan. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Tugas, Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up