Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMenggunakan Piramida Cerita Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 8 SMP Negeri 14 Palu
Nama: WIDYAWATI HERMAN
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palu dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan Strategi Piramida Cerita. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palu. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk memilih sampel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen-non equivalen control group design yang terdiri dari dua kelompok; kelompok eksperimen dan kontrol. Deskripsi data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Nilai siswa setelah penyajian materi menggunakan Strategi Piramida Cerita dalam pemahaman membaca lebih baik dibandingkan sebelum perlakuan diberikan kepada siswa. Strategi ini dapat menjadi media pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses belajar mengajar sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa karena penggunaan Strategi Piramida Cerita memudahkan siswa dalam memahami isi cerita. Hasil analisis data menunjukkan thitung lebih besar dibandingkan ttabel. Dari hasil tersebut peneliti menemukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pemahaman membaca siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan strategi piramida cerita.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up