Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenggunaan Strategi Membaca Berpasangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 1 Banawa Selatan
Nama: MIRANTI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRACT Miranti (A 121 19 122). “The Use of Partner Reading Strategy to Improve Reading Comprehension of the Eighth Grade Students of SMP Negeri 1 Banawa Selatan.” Skripsi. English Language Education Study Program, Language Education and Arts Department, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University, under the guidance of Nadrun, S.Pd., M.Pd., M.Ed. and Mashuri, S.Pd., M.A. The objective of this research is to find out whether the use of Partner Reading Strategy can improve reading comprehension of grade eighth students of SMP Negeri 1 Banawa Selatan. This research used quasi-experimental research design which involved two groups; experimental group and control group. The research sample was VIII A which consisted of 27 students. The result of the analysis shows that the mean score of the students in the pre-test to the post-test increased from 52.07 into 70.22. The researcher found that the t-counted value (9.86) is greater than the t-table value (1.654). It means that the hypothesis is accepted. In other words, the use of Partner Reading Strategy can improve reading comprehension of grade eighth students of SMP Negeri 1 Banawa Selatan. Keywords: Partner Reading Strategy, Reading Comprehension, Improve ABSTRAK Miranti (A 121 19 122). “Penggunaan strategi membaca berpasangan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Banawa Selatan.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dibawah bimbingan Nadrun, S.Pd., M.Pd., M.Ed. dan Mashuri, S.Pd., M.A. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan strategi membaca berpasangan dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Banawa Selatan. Penelitian ini menerapkan desain kuasi experimental yang melibatkan dua grup dinamakan kontrol grup dan eksperimental grup. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA yang terdiri dari 27 siswa. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada pre-test dan post-test meningkat dari 52,07 menjadi 70,22. Peneliti juga membuktikan bahwa nilai t-counted (9,86) lebih tinggi dari nilai t-table (1,654). Dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan kata lain, strategi membaca berpasangan dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Banawa Selatan. Kata kunci: strategi membaca berpasangan, pemahaman membaca, meningkatkan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up