JudulPENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 19 PALU MELALUI ENGLISH SUBTITLE VIDEO |
Nama: RAHMAWATI AB |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Rahmawati AB (A 121 19 074). Mengembangkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu melalui Video Subtitle Bahasa Inggris. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bimbing oleh Mochtar Marhum dan Wahyudin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penggunaan video subtitle bahasa Inggris dapat mengembangkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimen yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu, yaitu kelas VIII C yang terdiri dari 19 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B yang terdiri dari 19 siswa sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes berbicara (oral) yang diberikan dua kali, sebagai pre-test dan post-test. Kemudian, perlakuan hanya diberikan kepada kelompok eksperimen. Hasil pre-test kelompok eksperimen adalah 54,21, sedangkan kelompok kontrol adalah 61,05. Hasil post-test kelompok eksperimen adalah 67,36, sedangkan kelompok kontrol adalah 62,63. Dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05, peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung (2,81) lebih tinggi dari t-tabel (2,028). Ini berarti bahwa hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan video dengan teks bahasa Inggris adalah signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video subtitle bahasa Inggris dapat mengembangkan keterampilan berbicara siswa kelas delapan SMP Negeri 19 Palu, dan juga dapat diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar sebagai strategi yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa karena video subtitle bahasa Inggris dapat membantu guru dalam mentransfer materi yang terkait dengan pelajaran. Hal ini ini dapat memberikan detail tambahan dan spesifik tentang objek dalam konten. Hal ini dapat memberikan gambaran tentang konten video subtitle bahasa Inggris yang berkaitan dengan materi. Kata Kunci: Mengembangkan, Keterampilan Berbicara, English-Subtitle Video |