Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN TEKNIK PIRAMIDA CERITA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS DELAPAN SMPN 6 BANAWA
Nama: IMMUT WULANDARI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRACT Immut Wulandari, A12119073. “The use of Story Pyramid Technique to Improve Reading Comprehension of Eighth Grade Students of SMPN 6 Banawa”, A skripsi, English Education Study Program, Language and Arts Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University, Under Supervision of Mochtar Marhum and Maf’ulah. The objective of this study is to find out whether Story Pyramid Technique can improve reading comprehension of recount text of the eighth grade students of SMPN 6 Banawa. The researcher applied pre-experimental research with one group pre-test and post-test design. The researcher population was the eighth grade students of SMPN 6 Banawa consisting of 24 students. The sample was selected using total sampling technique. The data were collected using tests, pre-test and post-test, and analyzed statistically. The result of this study showed that there is significant differences of students’ reading comprehension after being taught through story pyramid technique where the data analysis show that the value of t-counted (8.21) is higher than the value of t-table (1.714) by applying a significance level of 0.05 with a degree of freedom (df)=23. It means that the hypothesis is accepted. In other words, story pyramid can improve reading comprehension of recount text of the eighth grade students of SMPN 6 Banawa. Key words: Story Pyramid Technique; Reading Comprehension; Recount Text. ABSTRAK Immut Wulandari, A12119073. “Pemanfaatan Teknik Piramida Cerita dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Delapan SMPN 6 Banawa”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Mochtar Marhum and Maf’ulah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Teknik Piramida Cerita dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMPN 6 Banawa. Peneliti menerapkan penelitian pra-eksperimen dengan desain satu grup pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMPN 6 Banawa yang berjumlah 24 siswa. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, pre-test dan post-test, dan dianalisis secara statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pemahaman membaca siswa setelah diajar menggunakan Teknik Piramida Cerita dimana analisis data menunjukkan bahwa nilai t-hitung (8.21) lebih tinggi dari nilai t-tabel (1.714) dengan menerapkan taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (df) = 23. Artinya hipotesis diterima. Dengan kata lain, Teknik Piramida Cerita dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMPN 6 Banawa. Kata Kunci: Teknik Piramida Cerita; Pemahaman Membaca; Teks Recount.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up