JudulIMPLEMENTASI REPETITION DRILL DALAM PENGAJARAN PELAFALAN PADA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 2 LAKEA, BUOL |
Nama: TRIYANI TASRIM |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan teknik repetition drill dalam pengajaran pengucapan bunyi konsonan /f/ dan /v/ pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lakea, Buol. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan kelompok control pre-test/post-test. Sisiwa kelas delapan dibagi menjadi dua kelompok: kelas VIII A sebagai kelompok eksperien yang menggunakan teknik repetition drill dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol menggunakan teknik diskusi. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa pre-test dan post-test dan jenis tes yang digunakan merupakan pelafalan kata. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini dievaluasi secara statistic untuk menentukan perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen meningkat sebesar 30 poin, sedangkan kelompok kontrol hanya meningkat sebesar 10 poin. Ada beberapa alasan mengapa nilai siswa dalam kelompok eksperimen, yang diajar dengan menggunakan teknik repetition drill, dapat meningkat secara signifikan, siswa dilatih untuk terus mengulang pengucapan bunyi serta antusiasme mereka selama proses pembelajaran ketika mereka diminta untuk tampil bersama pasangannya dengan menggunakan teknik tersebut. Dengan menggunakan tingkat signifikansi 0.05, peneliti menemukan bahwa nilai t-counted (4.98) lebih tinggi daripada t-table (1.685). Hal ini menegaskan bahwa hipotesis penelitian telah diterima. Oleh sebab itu, teknik repetition drill dapat membantu siswa kelas delapan di SMP Negeri 2 Lakea, Buol untuk meningkatkan kemampuan pengucapan mereka. |