JudulPENGGUNAAN STRATEGI CLICK DAN CLUNK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 14 PALU |
Nama: MOHAMAD FADIEL |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi Click dan Clunk dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 14 Palu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kuasi-eksperimen sebagai desain penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 14 Palu terdiri dari 128 siswa. Peneliti menggunakan cluster random sampling dan mengadaptasi 2 kelas: VIII Sudirman (kelas ekperimen) dan VIII Slamet Riyadi (kelas kontrol). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai t-hitung (1.908) lebih besar dari nilai t-tabel (1.683) menggunakan taraf signifikan 0.05 dengan derajat kebebasan (df) = 42 (n-1). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima. Dengan kata lain, penggunaan strategi Click dan Clunk dapat meningkatkan pemahaman membaca kelas delapan SMP Negeri 14 Palu. Kata kunci: Meningkatkan, Pemahaman Membaca, Click dan Clunk ABSTRACT Mohamad Fadiel, A12119051. “Using Click and Clunk to Improve Reading Comprehension of the Eighth Grade Students of SMP Negeri 14 Palu”. Skripsi, Faculty of Teacher Training and Education, Department of Language and Art Education, English Education Study Program, under Supervision of Mukrim and Andi Patmasari. The objective of this research is to find out if Click and Clunk Strategy can improve reading comprehension of the eighth grade students of SMP Negeri 14 Palu. The researcher used a quantitative method and a quasi-experimental as the research design. The population in this research was grade VIII students of SMP Negeri 14 Palu consisting of 128 students. The researcher used cluster random sampling and adapted two classes; VIII Sudirman (experimental) and VIII Slamet Riyadi (control). The techniques used for data collected were pre-test and post-test. The data was analyzed statistically. The results of data analysis showed that the value of t-counted (1.908) is higher than the value of t-table (1.683) using a significant level of 0.05 with a degree of freedom (df) = 42. This proves that the hypothesis is accepted. In other words, using Click and Clunk strategy can improve students reading comprehension of the eight grade students of SMP Negeri 14 Palu. Key words: Improve, Reading Comprehension, Click and Clunk ? |