JudulMenggunakan Problem-Based Learning Untuk Mengembangkan Kosakata Siswa Kelas Delapan Pada Smp Negeri 14 Palu |
Nama: NADIYAH RAHMAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Kosakata merupakan salah satu hal penting dalam mempelajari Bahasa asing untuk meningkatkan kemampuan berbahasa; mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Beberapa penelitian terdahulu pada kosakata memberikan bahwa Problem-based Learning bisa diterapkan untuk membantu siswa dalam mengembangkan kosakata mereka. Penelitian eksprerimen semu ini bertujuan untuk mengetahuan apakah penggunaan PBL dapat mengembangkan kosakata siswa kelas delapan SMP Negeri 14 Palu. Penelitian ini terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Sampel penilitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri Palu; VIII Dewi Sartika dan VIII Kihajar dengan total 30 siswa pada masing-masing kelompok yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kosakata yang terdiri dari pre-test dan post-test yang dilakukan pada pertemuan pertama dan terakhir. Data dianalisa melalui proses Independent Samples T-test dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil membuktikan bahwa kosakata siswa berkembang setelah diberikan perlakuan. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0,05, peneliti menemukan bahwa nilai rata-rata siswa kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol (72.53>47.20). Kesimpulannya, Problem-based Learning (PBL) dapat mengembangkan kosakata siswa kelas delapan SMP Negeri 14 Palu. Key Words: mengembangkan kosakata; PBL (problem-based learning); siswa menengah pertama |