JudulPengaruh Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bungku Tengah |
Nama: SITI MULYA RUMO |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRACT Siti Mulya Rumo A12119041. “The Effect of Discovery Learning on Students’s Learning Outcomes in Reading Comprehension to The Eleventh Grade Students at SMA Negeri 1 Bungku Tengah” Skripsi. English Education Study Program, Language and Art Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. It is under Supevision of Sriati Usman and Wahyudin. The objective of this research is to investigate the effectiveness of using discovery learning on students’ learning outcomes in Reading Comprehension to the eleventh grade students at SMA Negeri 1 Bungku Tengah. This research used a quasi-experimental research design. There are two groups, namely the experimental group and the control group who received a pre-test and post-test. The population of this study was class XI students of SMA Negeri 1 Bungku Tengah. The research sample used a simple random sampling technique. Class XI MIA 5, totaling 32 students, was the experimental group and Class XI MIA 1, totaling 32 students, was the control group. The experimental group was given treatment while the control group was not. The test results showed that the average score of the experimental group on the post-test was 79.75 greater than the average score of the control group on the post-test of 52.62. These results also show that the t-count of 2.53 is higher than the t-table of 1.670 and the hypothesis is accepted. In conclusion, the use of discovery learning method can improve students's learning outcomes in reading comprehension of the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Bungku Tengah. Keywords: Discovery Learning,Learning Outcomes,Reading Comprehension ABSTRAK Siti Mulya Rumo A12119041. “Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bungku Tengah” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Sriati Usman dan Wahyudin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi efektivitas penggunaan discovery learning terhadap hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bungku Tengah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen. Terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang sudah menerima pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bungku Tengah. Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Kelas XI MIA 5 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen pada post-test adalah 79,75 lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol pada post-test yaitu 52,62. Hasil ini juga menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 2,53 lebih tinggi dari t-tabel sebesar 1,670 dan hipotesis diterima. Kesimpulannya, penggunaan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bungku Tengah. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Pemahaman Membaca |