JudulPENGGUNAAN STRATEGI LIST GROUP LABEL (LGL) UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS TUJUH SMP NEGERI 20 PALU |
Nama: ANDIRA RISFIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Andira Risfiani, Nomor Registrasi: (A12119034). “Penggunaan Strategi List Group Label (LGL) untuk Meningkatkan Pencapaian Kosakata pada Siswa Kelas Tujuh SMP Negeri 20 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Syahrul Munir dan Maf'ulah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi List Group Label (LGL) dapat meningkatkan pencapaian kosakata pada siswa kelas tujuh SMP Negeri 20 Palu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas tujuh SMP Negeri 20 Palu, sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes awal dan tes akhir. Data tersebut dianalisis secara statistik. Tes awal berada pada level rendah dan tes akhir berada pada level tinggi. Tes awal berada di level rendah karena siswa mengalami kesulitan dalam kosakata yang berhubungan dengan hobi. Namun, tes akhir berada pada level tinggi karena strategi List Group Label (LGL) dapat meningkatkan pencapaian kosakata. Hasil analisis data menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel. Kesimpulannya, penggunaan strategi List Group Label (LGL) dapat meningkatkan pencapaian kosakata pada siswa kelas tujuh SMP Negeri 20 Palu. Kata kunci: Kosakata, Pencapaian, List Group Label (LGL), Strategi. Andira Risfiani, Reg Number: (A12119034). “Using List Group Label (LGL) Strategy to Improve Vocabulary Achievement of The Seventh Grade Students of SMP Negeri 20 Palu”. Skripsi. English Education Study Program. Language and Art Education Department. Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University, under the supervision of Syahrul Munir and Maf’ulah. The objective of this research is to figure out whether or not the using of List Group Label (LGL) strategy can improve vocabulary achievement of the seventh grade students of SMP Negeri 20 Palu. The population of this research are the seventh grade students of SMP Negeri 20 Palu, the sample was VII D as experimental class and VII A as control class. The research applied quantitative method. The instrument of the data collection were pre-test and post-test. Those data were analyzed statistically. The pre-test was in low level and the post-test was in high level. The pre-test was in low level because the students have difficulties in vocabulary related to hobbies. However, the post-test that in high level because of the List Group Label (LGL) strategy can improve vocabulary achievement. The result of the data analysis shows that the t-counted was greater than the t-table. In conclusion, the use of List Group Label (LGL) strategy can improve vocabulary achievement of the seventh grade students of SMP Negeri 20 Palu. Key words: Vocabulary, Achievement, List Group Label (LGL), Strategy. |