JudulPENERAPAN STRATEGI INTERAKSI LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS SEPULUH DI SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: TWIN APRILIAN ANTIMARA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRACT ( Inggris ) Twin Aprilian Antimara A12119027. “The Implementation of Direct Interaction Strategy to Improve Reading Comprehension of the tenth-grade students at SMA Negeri 5 Palu” Skripsi. English Education Study Program, Language and Art Education Department, Faculty of Teacher `Training and Education, Tadulako University. It is under the Supevision of Nur Sehang Thamrin and Mashuri. The aim of this research is to find out whether or not the application of the direct interaction strategy can improve the reading comprehension of class X students at SMA NEGERI 5 Palu. This research uses a quasi-experimental research design with the experimental group and the control group. The population of this study was class X students at SMA Negeri 5 Palu. The research sample used a cluster random sampling technique. Class X MIPA 1, totaling 33 students, was the experimental group and Class X MIPA 2, totaling 33 students, was the control group. The experimental group was given treatment while the control group was not. The test results showed that the average score of the experimental group on the post-test was 83.33 greater than the average score of the control group on the post-test of 63.03. These results also show that the t-count of 5.32 is higher than the t-table of 1.670 and the hypothesis is accepted. This confirms that the direct interaction strategy improves students' reading comprehension at SMA Negeri 5 Palu. Keywords :Direct Interaction Strategy, Reading Comprehension, Deskriptive Text ABSTRAK (Indonesia) Twin Aprilian Antimara A12119027. "Penerapan Strategi Interaksi Langsung untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu" Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Nur Sehang Thamrin dan Mashuri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi interaksi langsung dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA NEGERI 5 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 5 Palu. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas X MIPA 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 2 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen pada post-test sebesar 83,33 lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol pada post-test sebesar 63,03. Hasil ini juga menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 5,32 lebih tinggi dari t-tabel sebesar 1,670 dan hipotesis diterima. Hal ini menegaskan bahwa strategi interaksi langsung meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMA Negeri 5 Palu. Kata kunci: Strategi Interaksi Langsung, Pemahaman Membaca, Teks Deskriptif |