Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS SEPULUH DI SMA NEGERI 8 PALU
Nama: JUMIATI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK The objective of this research is to prove that the use of Folktales can improve Reading Comprehension of the Tenth Grade Students of SMA Negeri 8 Palu. The researcher applied quasi-experimental research design. The sample of this research was 28 students, which was divided into 15 students of class X A as the experimental group and 13 students of class X B as the control group. The sample was selected using the cluster random sampling technique. The data were collected through the reading test that consisted of pre-test and post-test that conducted at first and last meetings. The result of the pre-test showed that the mean score of the experimental group is 70.2, while the mean score of the control group is 60.92. the result of experimental group post-test is 82.4 , while the mean score of the control group is 69.46. It indicated that the experimental group has shown improvement in their reading comprehension compared to the control group. By applying 0.05 level significant, the researcher found that the value of t- counted (1.82) is higher than t-table (1.70). it means that the use of Folktales improves students' Reading Comprehension, especially for the tenth grade students of SMA Negeri 8 Palu. Keywords: Improving, Reading, Comprehension, Folktales ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penggunaan Cerita Rakyat dapat meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Sepuluh SMA Negeri 8 Palu. Peneliti menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 28 siswa, yang terbagi menjadi 15 siswa kelas X A sebagai kelompok eksperimen dan 13 siswa kelas X B sebagai kelompok kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui tes membaca yang terdiri dari pre-test dan post-test yang dilakukan pada pertemuan pertama dan terakhir. Hasil pre-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 70,2, sedangkan nilai rata- rata kelompok kontrol adalah 60,92. hasil post-test kelompok eksperimen adalah 82,4, sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol adalah 69,46. Hal ini menunjukkan bahwa kelompok eksperimen telah menunjukkan peningkatan dalam pemahaman membaca mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan menerapkan tingkat signifikan 0,05, peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung (1,82) lebih tinggi dari t-tabel (1,70). itu berarti bahwa penggunaan Cerita Rakyat meningkatkan pemahaman membaca siswa, khususnya untuk siswa kelas sepuluh SMA Negeri 8 Palu. Kata kunci: Meningkatkan, Membaca, Pemahaman, Cerita Rakyat.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up