Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPersepsi Siswa Terhadap Penggunaan G-Suite Dalam Pembelajaran Speaking Di SMA Negeri 3 Palu
Nama: SRI MASRIYANI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRACT Sri Masriyani, A12118299. Students’ Perception of Using G-Suite in Learning Speaking at SMA Negeri 3 Palu. Skripsi. English Education Study Program. Department of Language and Art Eduction. Faculty of Teacher Training and Education. Tadulako University, under the supervisior of Nadrun S.Pd., M.Pd., M.Ed and Afrillia Anggreni, M.Pd. The objective of this research is to find out the students’ perception on the use of G-Suite application in learning speaking during the Covid-19 Pandemic era. Qualitative descriptive research was used by involving 36 students of the tenth-grade IPA 8 who have experienced in learning speaking by using the G-Suite application at SMA Negeri 3 Palu. Questionnaire and interview were employed to collect the data. The questionnaires in this research consist of 2 indicators, namely the effectiveness of G-Suite and the effect to speaking component. The interview was conduct to get more information from the students as a supporting result of the questionnaire. Based on the analysis of data, the conclusion can be drawn that students’ perception of using G-Suite in learning speaking during the Covid-19 Pandemic effective and have a positive perception. It can be seen from the percentage of the data based on the questionnaire related to the effectiveness of G-Suite and the effect to speaking component. Perception related to the effectiveness of G-Suite showed the highest frequency with a percentage 94.4%, and perception related the effect to speaking component showed the highest frequency with a percentage 88.9%. From the finding, using G-Suite in learning speaking quite help for students and teacher during the Covid-19 Pandemic. Keywords: Pandemi, Speaking, G-Suite, Perception ABSTRAK Sri Masriyani, A1218299. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan G-Suite Pada Pembelajaran Speaking di SMA Negeri 3 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Nadrun, S.Pd., M.Pd., M.Ed dan Afrillia Anggreni, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi G-Suite dalam pembelajaran speaking di masa pandemi Covid-19. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan dengan melibatkan 36 siswa kelas sepuluh IPA 8 yang memiliki pengalaman belajar speaking dengan menggunakan aplikasi G-Suite di SMA negeri 3 Palu. Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Kuesioner dalam penelitian ini terdiri dari 2 indikator yaitu efektivitas dari penggunaan G-Suite dan pengaruhnya terhadap speaking komponen. Wawancara dilakukakan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari siswa sebagai pendukung hasil kuesioner. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan G-Suite dalam pembelajaran speaking efektif dan memiliki persepsi yang positif. Hal ini dapat dilihat dari persentase data kuesioner yang berkaitan dengan efektivitas dari penggunaan G-Suite dan pengaruhnya terhadap speaking komponen. Persepsi terkait efektivitas G-Suite menunjukkan frekuensi tertinggi dengan persentase 94.4?n persepsi terkait pengaruhnya terhadap speaking komponen menunjukkan frekuensi tertinggi dengan persentase 88.9%. Dari temuan yang dibahas bahwa penggunaan G-Suite cukup membantu siswa dan guru dalam belajar dan mengajar speaking selama Pandemi Covid-19. Kata Kunci : Pandemic, Speaking, G-Suite, Persepsi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up