JudulPENDAPAT SISWA DALAM PENGGUNAAN WHATSAPP, SEBAGAI ALAT PEMEBELAJARAN DI SEMESTER LIMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS. |
Nama: ADE MUTIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRACT Ade Mutia, A 121 18 268. Students’ Perception on the Use of WhatsApp as a Learning Tool in the Fifth Semester of English Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University, under the Supervision of Darmawan and Zarkiani Hasyim This research is aimed at finding out students’ perceptions on the use of WhatsApp as a learning tool in the fifth semester of English Education Study Program. The research applied a descriptive qualitative research design. The research subjects were students of English Education Study Program in the fifth semester in academic year 2022/2023. The data were collected by using interview. Based on the data analysis, it showed that most of the students give positive responses towards their experiences in using WhatsApp as a tool of learning. First, it is easy and more effective to use for learning because it can save the students’ time in studying and also in sending the assignments. Second, the students can communicate, share information, knowledge, and experiences and comments which nurtures collaborative learning through WhatsApp. Third, it can share educational resources, and facilitate group discussion. However, it also has negative preception, such as; leading distraction that makes students lack of focus, limited video duration, and poor signals problem. Nevertheless, WhatsApp can be still recomended as a learning media or a learning tool. Key Words: Students’Perception, WhatsApp as a Learning Tool ABSTRAK AdeMutia, A 121 18 268. Persepsi Siswa pada Penggunaan WhatsApp Sebagai Alat Pembelajaran pada Mahasiswa Semester 5 Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Darmawan and Zarkiani Hasyim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang penggunaan WhatsApp sebagai sebuah alat pembelajaran pada mahasiswa semester 5 program studi pendidikan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptive. Subjek penelitian nya ialah mahasiswa program studi bahasa Inggris Universitas Tadulako Palu Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan interview. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa, hampir smua mahasiswa memberikan persepsi positif terhadap penggunaan WhatsApp sebagai sebuah alat pembelajaran. Pertama, WhatsApp Mudah dan lebih efektif untuk pembelajaran karena lebih menghemat waktu siswa dalam belajar dan juga dalam mengirimkan tugas. Kedua, mahasiswa dapat berkomunikasi, memberi informasi, pengetahuan, pengalaman dan melakukan pembelajaran bersama melalui WhatsApp. Ketiga,WhatsApp dapat membagikan sumber pendidikan dan menyediakan grup diskusi. Akan tetapi WhatsApp juga memiliki persepsi negatif, seperti memberikan gangguan yang membuat siswa kurang focus, durasi video yang terbatas, dan masalah jaringan yang buruk. Akan tetapi, WhatsApp bisa direkomendasikan sebagai sebuah alat pembelajaran atau media pembelajaran. Kata Kunci: Persepsi mahasiswa, WhatsApp sebagai Alat Pembelajaran |