Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMengembangkan Kosakata Siswa Kelas Tujuh Di SMP Negeri 4 Palu Melalui Teknik Mind Mapping
Nama: NUR HALIZA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Nur Haliza (A12118265). “Mengembangkan Kosakata Siswa Kelas Tujuh di SMP Negeri 4 Palu melalui Mind Mapping”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dengan bimbingan (1) Darmawan (2) Mashuri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah penerapan Mind Mapping dapat mengembangkan kosakata siswa kelas tujuh di SMP Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif yang bersifat pra-eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kosakata yang terdiri dari 4 jenis tes. Sebanyak 25 siswa diminta untuk melakukan pre-test dan post-test. Hasil tes dianalisis menggunakan skor rubrik yang diusulkan oleh Weigle (2002) dan Blazz (2001). Data dianalisis dengan menggunakan formula yang diusulkan oleh Arikunto (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pre-test adalah 58,75, sementara skor rata-rata post-test adalah 73,1 yang berarti skor rata-rata post-test lebih tinggi daripada pre-test. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa t-hitungan adalah 6,581 sementara t-tabel adalah 1,714. Dapat disimpulkan bahwa t-hitungan lebih tinggi daripada t-tabel yang berarti bahwa mind mapping dapat mengembangkan kosakata siswa kelas tujuh di SMP Negeri 4 Palu. Kata Kunci: Mind Mapping, mengembangkan, kosa kata

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up