JudulMENYELIDIKI STRATEGI GURU DALAM MENGAJAR KOSAKATA DI SMP NEGERI 6 PALU |
Nama: TRISNA KURNIAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACT Trisna Kurniawati, (A12118261). Investigating Teachers’ Strategies in Teaching Vocabulary at SMP Negeri 6 Palu. Skripsi. English Education Study Program, Language and Art Education Department, Teacher Training and Education Faculty. Tadulako University, under the supervison of Rofiqoh and Wahyudin. The purposes of the research are two folds: to find out the vocabulary teaching strategies used by the English teachers at SMP Negeri 6 Palu, and to identify the reasons of implementing the strategies in the classroom. This research used qualitative research design. The participants of this research were three English teachers. In collecting the data, the instruments used were observation and interview. The data were analyzed by using descriptive analysis. The findings showed that there were some teaching strategies used by the teachers in teaching vocabulary. The strategies used by the English teachers in teaching vocabulary were: (1) the use of game like guessing game and dictation (by relying on learning topic), (2) reading textbook, (3) translation (by looking up dictionary), and (4) asking question. The main reason of implementing teaching strategies was, they wanted to make the students active in the class. The basic consideration as an active facilitator in choosing the teaching strategies was to make classroom atmosphere that can make the students interact freely with each other in achieving learning goals. Key words: teaching vocabulary, teacher strategies ABSTRAK Trisna Kurniawati, (A12118261).Menyelidiki Strategi Guru Dalam Mengajar Kosa Kata di SMP Negeri 6 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Rofiqoh dan Wahyudin. Tujuan dari penelitian ini ada 2: untuk menemukan strategi mengajar kosa kata yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di SMP Negeri 6 Palu, dan untuk mengidentifikasi alasan dalam mengimpelementasi strategi tersebut di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain kualitatif. Peserta penelitian ini adalah 3 orang guru bahasa Inggris. Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data penelitian di analisis dengan menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian menujukkan beberapa strategi guru dalam mengajar vocabulary. Strategi yang di gunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar vocabulary adalah; (1) penggunaan game/permainan (dengan mengacu pada topik pembeajaran) (2) membaca buku pelajaran, (3) penerjemahan (dengan menggunakan kamus), dan (4) menanyakan pertanyaan. Adapun alasan dalam mengimplementasikan strategi mengajar yaitu; mereka ingin menstimulus siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Alasan mendasar sebagai aktif fasilitator dalam memilih strategi mengajar yaitu membuat suasan kelas yang membuat siswadapat berinteraksi secara bebas satu sama lain dalam mencapai tujuan pembelajaran. Key words: mengajar kosa kata, strategi guru |