Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS SEBELAS SMA NEGERI 4 PALU MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PREVIEW, ASK QUESTION, READ AND SUMMARIZE (PARS)
Nama: LAODE MOH RENALDI
Tahun: 2025
Abstrak
Laode Moh Renaldi. (2025). Skripsi ini berjudul Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu melalui Penggunaan Strategi Preview, Ask Question, Read and Summarize (PARS). Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Rofiqoh dan Wahyudin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penggunaan strategi PARS dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu tahun ajaran 2024–2025, yang berjumlah 282 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik available sampling dengan mempertimbangkan aksesibilitas dan kesiapan siswa untuk berpartisipasi dalam penelitian. Kelas XI H ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI F sebagai kelompok kontrol. Kelas XI H dipilih sebagai kelas eksperimen karena kemampuan Bahasa Inggris mereka lebih rendah dibandingkan kelas XI F, yang terlihat dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes membaca yang terdiri dari soal pilihan ganda, esai, dan benar atau salah. Tes terdiri dari pre-test dan post-test. Hasil rata-rata skor pre-test pada kelas eksperimen adalah 46.05, sedangkan pada kelas kontrol adalah 47.02. Hasil rata-rata skor post-test pada kelas eksperimen adalah 75.71, sedangkan pada kelas kontrol adalah 68.12. Data dianalisis secara statistik untuk mengetahui perbedaan signifikan pencapaian siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai thitung sebesar (1,99) lebih tinggi dari nilai t-tabel sebesar (1,67). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya, penggunaan strategi PARS dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Oleh karena itu, guru disarankan untuk mengintegrasikan strategi PARS dalam pembelajaran membaca untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap teks. Langkah-langkah terstruktur dalam strategi ini membantu membimbing siswa melalui proses membaca yang lebih aktif dan bermakna, yang sangat bermanfaat terutama untuk materi yang padat konten. Kata Kunci: Peningkatan, Strategi PARS, Pemahaman Membaca

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up