Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMenggunakan Bacaan Strategis Kolaboratif Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Sepuluh SMK Negeri 1 Dampal Selatan
Nama: REZKI AMALIA
Tahun: 2025
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap pemahaman membaca siswa kelas sepuluh di SMK Negeri 1 Dampal Selatan. Peneliti menerapkan desain penelitian kuasi-eksperimental yang melibatkan dua grup. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan 52 siswa di kelas sepuluh yang dipilih sebagai sample. Siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah pilihan ganda dan essai. Pre-test dan post-test diberikan kepada kedua kelompok untuk mengukur sejauh mana pengetahuan siswa akan pemahaman membaca. Selanjutnya, hanya kelas eksperimen yang menerima perlakuan. Data dianalisa secara statistik untuk menentukan perbedaan signifikan dari pencapaian siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Kelompok kontrol meningkat dari 55,77 menjadi 76,42 dan kelas kontrol mengalami peningkatan akan tetapi tidak signifikan yaitu dari 63,85 menjadi 69,42. Dengan derajat kebebasan (df) 50 dan tingkat signifikansi 0,05, penelitian menemukan bahwa nilai t-hitung adalah 8,79, yang lebih tinggi dari nilai t-table sebesar 1,677. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesa penelitian diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa menggunakan Collaborative Strategic Reading merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMK Negeri 1 Dampal Selatan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up