Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI GURU BAHASA INGGRIS DALAM MENGAJARKAN PEMAHAMAN MEMBACA PADA SISWA SMP DI KOTA PALU
Nama: SITI SHAFA RAMADHANI PUTRI
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengajar membaca pemahaman dan efek dari strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajar membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Palu, Mts Negeri 1 Palu, dan SMP Negeri 4 Palu. Instrumen penelitian ini adalah wawancara. Subyek penelitian ini terdiri dari tiga orang guru. Langkah-langkah analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil wawancara penelitian diketahui bahwa strategi pengajaran yang paling banyak digunakan oleh guru adalah hubungan tanya jawab (QARs). Namun, beberapa guru menggunakan strategi yang berbeda dalam mengajar pemahaman membaca, seperti scaffolding, role-playing, skimming scanning, kelompok kerja, terjemahan, dan media. Dari hasil wawancara penelitian, ditemukan bahwa enam strategi efektif dan satu strategi baik tetapi belum tentu efektif dalam mengajar pemahaman bacaan: Strategi QAR membantu siswa untuk dengan mudah memahami isi materi teks yang akan dipelajari, memberikan pendapat tentang apa yang mereka ketahui tentang materi yang dipelajari, dan meningkatkan keterampilan membaca siswa. Strategi scaffolding diharapkan dapat membantu siswa memahami pembelajaran secara detail dan mudah. Strategi bermain peran membuat siswa aktif mengeluarkan pendapat tentang isi materi, dan membuat siswa dapat bekerjasama dalam kelompok dengan baik karena dapat melihat atau mendengar tidak hanya satu pendapat sehingga dapat disimpulkan dengan baik. Skimming scanning strategi ini dapat membantu siswa dalam setiap proses pembelajaran membaca pemahaman dan dapat membuat mereka fokus dan tertarik untuk belajar. Strategi kelompok kerja Para siswa bekerja sama sebagai sebuah tim tidak hanya untuk mempelajari materi tetapi untuk saling membantu memahami bahwa materi dapat dipelajari dan ditingkatkan melalui kerjasama tim. Media strategi ini guru membantu siswa memahami bacaan dan memperdalam materi yang dipelajari melalui media seperti gambar, teks, dan video. Dan strategi penerjemahan ketika siswa menemukan sebuah kata atau kalimat yang mereka tidak tahu artinya guru meminta mereka untuk menerjemahkan kata-kata menggunakan kamus, strategi ini baik tetapi belum tentu efektif dalam pemahaman membaca mengajar. Strategi-strategi yang digunakan oleh guru ini membantu siswa meningkatkan dan mengembangkan keterampilan berpikir dengan cara yang lebih mudah, cepat, dan menyenangkan untuk menguasai pemahaman bacaan. Kata kunci: Analisis, efek, strategi guru, Pengajaran Membaca Pemahaman The objective of this research is to find out teachers’ strategies in teaching reading comprehension and the effects of the strategies used by teacher in teaching reading comprehension. This research applied a descriptive qualitative research design. The subjects of the research were English teachers at SMP Negeri 1 Palu, Mts Negeri 1 Palu, and SMP Negeri 4 Palu. The instrument of this research was an interview. The subjects of this research consisted of three teachers. The steps of analyzing the data collection, data reduction, data display and conclusion. From the results of the research interview, it was found that the teaching strategies mostly used by teachers are question-answer relationship (QARs). However, some teachers used different strategies in teaching reading comprehension, likes scaffolding, role-playing, skimming scanning, working groups, translation, and media. From the result of the research interview, it was found that six strategies are effective and one strategy was good but not necessarily effective in teaching reading comprehension: QARs strategy helps students to easily understand the contents of the text material to be studied, provides opinions about what they know about the material being studied, and improves students' reading skills. Scaffolding strategy is expected to help students understand learning in detail and easily. Role-playing strategy makes students active to issue opinions about the content of the material, and makes students able to collaborate in groups well because they can see or hear not just one opinion so they can be concluded well. Skimming scanning this strategy can help students in any reading comprehension learning process and can make them focused and interested in learning. Working group strategy the students work together as a team not only to learn the material but to help each other understand that the material can be learned and improved through teamwork. Media this strategy the teacher helps students understand the reading and deepens the material being studied through media such as pictures, text, and videos. And translation strategy when students found a word or a sentence that they did not know the meaning of the teacher asked them to translate the words using a dictionary, this strategy was good but not necessarily effective in teaching reading comprehension. These strategies used by the teacher help students improve and develop thinking skills in an easier, faster, and more enjoyable way to master reading comprehension. Key Words : Analysis, effects, Teachers strategy, Teaching Reading Comprehension

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up