JudulMenyelidiki Tantangan Membaca Siswa Kelas Tujuh SMP Negeri 9 Palu |
Nama: TRI JUNIANTI NURQADRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACT Tri Junianti Nurqadri (A 121 18 199). Investigating challenges in reading comprehension of the seventh grade students at SMP Negeri 9 Palu. Skripsi, English Education Study Program, Language and Art Education Department, Teacher Training and Education Faculty, under the guidance of Mukrim and Mashuri. This study aims to investigate the challenges encountered by students in reading comprehension. The subject of this research was 22 students of class VII D at SMP Negeri 9 Palu. The research was qualitative research. The instruments used to collect data are questionnaires and interviews. The result of this study showed that students had challenges in reading comprehension caused by four factors. The first challenges in reading comprehension was because the lack of reading strategies in terms of lack of dictionary usage, reading aloud strategy, and questioning strategy. The second was because of language knowledge factor in the matter of lack of vocabulary, and determine the main idea. The third factor was motivation. It was because the students did not like reading English text, the content of the text, and the selection of appropriate reading topic. The last factor was reading process regarding connecting sentences, and students’ concentration towards long sentences. The implication of this research is able to give contribution to support the theories and practices for the teacher and students to have better improvement after knowing the challenges factor in reading comprehension. Keywords: Investigating, Challenges, Reading comprehension ABSTRAK Tri Junianti Nurqadri (A 121 18 199). Menyelidiki tantangan dalam pemahaman membaca siswa kelas tujuh di SMP Negeri 9 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di bawah bimbingan Mukrim dan Mashuri. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam pemahaman membaca. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas VII D di SMP Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman bacaan yang disebabkan oleh empat factor. Tantangan pertama dalam pemahaman membaca adalah karena kurangnya strategi membaca dalam hal penggunaan kamus, strategi membaca nyaring, dan strategi bertanya. Yang kedua karena faktor pengetahuan bahasa dalam hal kekurangan kosa kata, dan menentukan ide pokok. Faktor ketiga adalah motivasi. Hal ini dikarenakan siswa kurang menyukai membaca teks bahasa Inggris, isi teks, dan pemilihan topik bacaan yang sesuai. Faktor terakhir adalah proses membaca tentang menghubungkan kalimat, dan konsentrasi siswa terhadap kalimat panjang. Implikasi dari penelitian ini mampu memberikan kontribusi untuk mendukung teori dan praktik bagi guru dan siswa untuk memiliki peningkatan yang lebih baik setelah mengetahui faktor tantangan dalam pemahaman bacaan. Kata Kunci: Menyelidiki, Tantangan, Pemahaman membaca |