JudulKORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA EFL DI UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: DEI MONICA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Dei’ Monica, 2025. Korelasi antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Mahasiswa EFL di Universitas Tadulako. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan (1) Mawardin M. Said (2) Afrillia Anggreni Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan atau tidak antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis mahasiswa EFL di Universitas Tadulako. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester dua. Sampel berjumlah 39 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Peneliti menerapkan desain penelitian korelasional. Peneliti menggunakan tes yang terdiri dari tes kosakata dan tes menulis sebagai instrumen utama untuk pengumpulan data. Untuk menemukan korelasi, data diolah dan dianalisis dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan juga dihitung dalam SPSS Statistics. Hasilnya menunjukkan bahwa koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,602, sedangkan nilai r tabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan 37 adalah 0,316. Karena nilai rxy yang diperoleh lebih tinggi dari nilai r tabel, maka hal ini mengindikasikan adanya korelasi yang signifikan secara statistik antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis. Berdasarkan indikasi ini, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Oleh karena itu, terdapat korelasi positif yang kuat antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis di kalangan mahasiswa EFL di Universitas Tadulako. Kata kunci: Korelasi, Penguasaan Kosakata, Keterampilan Menulis |