JudulPersepsi Guru Terhadap Strategi Pengajaran Keterampilan Berbicara Di SMP Al-Azhar Mandiri Palu |
Nama: AYU NUR MAGFIRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap strategi yang digunakan dalam pengajaran berbicara di SMP Al-Azhar Mandiri Palu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, di mana hasilnya ditabulasi dan dideskripsikan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang guru Bahasa Inggris. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Peneliti menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari lembar observasi menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris menggunakan strategi seperti tugas menulis, dialog, pengulangan tugas, presentasi dan ceramah, diskusi dan debat, serta percakapan dan obrolan. Hasil wawancara menunjukkan strategi tambahan, yaitu presentasi, percakapan, permainan, motivasi, menampilkan gambar, dan teknik bertanya. Menurut Thornbury (2015), strategi-strategi ini dapat mendorong kemampuan berbicara siswa. |