Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenggunaan Strategi POSSE (Predict, Organize, Search, Summarize And Evaluate) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Delapan Di SMPN 4 Tanantovea
Nama: BALGIS
Tahun: 2024
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bisa atau tidaknya penggunaan Strategi POSSE (Predict, Organize, Search, Summarize and Evaluate) untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Tanantovea. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 40 siswa. Peneliti menggunakan total sampling untuk mengambil sampel berdasarkan Arikuto. Di kelas VIII-A terdiri 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan VII-B terdiri dari 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian ekperimental quasi. Intrumen untuk mengumpulkan data adalah tes dengan tes pilihan ganda yang terdiri dari 5 item. Ada pre-test, treatment, dan post-test pada kedua kelompok. T-hitung 3,21 dan t-tabel 1,68 yang digunakan 0,05 sebagai tingkat signifikansi penelitian ini. Nilai t-hitung lebih tinggi dari t-tabel (3,21> 1,68). Artinya hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi POSSE dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Kata kunci: Strategi POSSE,Pemahaman Membaca, Meningkatkan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up