JudulPenggunaan Strategi POSSE (Predict, Organize, Search, Summarize And Evaluate) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Delapan Di SMPN 4 Tanantovea |
Nama: BALGIS |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bisa atau tidaknya penggunaan Strategi POSSE (Predict, Organize, Search, Summarize and Evaluate) untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Tanantovea. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 40 siswa. Peneliti menggunakan total sampling untuk mengambil sampel berdasarkan Arikuto. Di kelas VIII-A terdiri 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan VII-B terdiri dari 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian ekperimental quasi. Intrumen untuk mengumpulkan data adalah tes dengan tes pilihan ganda yang terdiri dari 5 item. Ada pre-test, treatment, dan post-test pada kedua kelompok. T-hitung 3,21 dan t-tabel 1,68 yang digunakan 0,05 sebagai tingkat signifikansi penelitian ini. Nilai t-hitung lebih tinggi dari t-tabel (3,21> 1,68). Artinya hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi POSSE dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Kata kunci: Strategi POSSE,Pemahaman Membaca, Meningkatkan |