JudulANALISIS KOMPARATIF EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN PEMBELAJARAN ONLINE BAHASA INGGRIS SELAMA COVID-19 |
Nama: NILMA |
Tahun: 2023 |
Abstrak The purpose of this studi was to analyze the comparison between face-to-face learning and online English learning during the COVID-19 period and to establish the effectiveness of face-to-face learning and online learning.Qualitative descriptive research was used inovolving 60 2 English class students at Tadulako University in 2018 who experienced two learning methods between face-to-face and online learning during the Covid-19 pandemic. Questionnaires and interviews methods are used to collect data. Questionnaire, in this study there were 12 questions containing questions about comparison between the two learning methods. Interviews were conducted to get more information from students as supporters of the questionnaire results. Based on the analysis of these data, it can be concluded that face-to-face learning methods are more effective than online learning methods because the lack of distractions so students can be more productive, active and also can concentrate better so they were able understand the material easily. In addition, the results showed that student Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran bahasa Inggris online selama periode COVID-19 dan untuk menetapkan efektivitas pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan dengan melibatkan 60 mahasiswa kelas bahasa Inggris di Universitas Tadulako pada tahun 2018 yang mengalami dua metode pembelajaran antara pembelajaran tatap muka dan daring selama pandemi Covid-19. Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Kuesioner, dalam penelitian ini terdapat 12 pertanyaan yang berisi pertanyaan tentang perbandingan antara kedua metode pembelajaran tersebut. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari mahasiswa sebagai pendukung hasil angket. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran tatap muka lebih efektif daripada pembelajaran daring karena lebih mudah memahami pelajaran, siswa menjadi lebih produktif dan aktif dan juga dapat lebih terkonsentrasi karena gangguan yang lebih sedikit. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa cenderung memilih pembelajaran tatap muka (79,7%) sedangkan pembelajaran daring (40,4%). Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Tatap Muka, Pembelajaran Daring. |