Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Strategi Question-Answer Relationship (QAR) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Mepanga
Nama: SRI DEVI APRIYANI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah strategi Question-Answer Relationship (QAR) efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Mepanga dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control dalam pemahaman membaca. Desain penelitian ini adalah kuasi-eksperimental. Sampel penelitian ini terdiri dari 45 siswa yang dipilih dengan menggunakan sampel kelompok acak. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan ganda yang terbagi menjadi pre-test and post-test. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa setelah diberikan perlakuan dengan penerapan strategi QAR. Hal ini menunjukkan nilai rata-rata kedua hasil tes dimana nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 38.75 menjadi 63.75. Sedangkan, nilai rata-rata kelas kontrol adalah dari 30,00 menjadi 40,00. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung adalah 7. 36. Dengan menerapkan derajat kebebasan (df) 43 (24 + 21 – 2) dan taraf signifikan 0.05, peneliti menemukan bahwa nilai t-tabel adalah 1.68. Artinya hipotesis diterima karena nilai t-hitung (7.36) lebih tinggi dari t-tabel (1.68). Kesimpulannya, strategi QAR efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mepanga. Kata Kunci: Pemaham Membaca, Strategi Question-Answer Relationship (QAR), Kefektifan ABSTRACT The purpose of this research is to prove whether Question-Answer Relationship (QAR) strategy is effective in improving reading comprehension of grade VIII students of SMP Negeri 3 Mepanga and to find out whether there was a significant difference between the experimental class and the control class in reading comprehension. The design of this research was quasi-experimental. The samples of this research consisted of 45 students who were selected by using cluster random sampling. The research instrument used to collect the data was a multiple-choice test which were divided into pre-test and post-test. The data were analyzed by using statistical analysis. The result of the data analysis shows that there was a significant effect on students’ reading comprehension after the treatment by applying the QAR strategy. It indicated the mean score of both test results where the mean score of the experimental class significantly improved from 38.75 to 63.75. Meanwhile, the mean score of the control class is from 30.00 to 40.00. Based on the result of the data analysis, the researcher found that the value of t-counted is 7.36. By applying a degree of freedom (df) 43 (24 + 21 – 2) and 0.05 level of significance, the researcher found that the value of the t-table is 1.68. It means that the hypothesis is accepted because the value of t-counted (7.36) is higher than the t-table (1.68). To conclude, the QAR strategy is effective in improving reading comprehension of grade VIII students of SMP Negeri 3 Mepanga. Keywords: Reading Comprehension, Question-Answer Relationship (QAR) Strategy, Effectiveness.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up