JudulKorelasi Antara Penguasaan Kosakata Dan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 4 Palu |
Nama: MARTINA BELO |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Martina Belo, 2023. “Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Pemahaman Membaca Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Aminah dan Agussatriana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Palu dan mengetaahui seberapa kuat korelasi antara penguasaan kosa kata dan pemahaman membaca. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi. Sampel penelitian adalah 32 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes penguasaan kosakata dan tes pemahaman bacaan. Semua data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan rumus Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara penguasaan kosa kata dan pemahaman membaca dengan kategori “tinggi”. Dengan kata lain, kosakata memiliki dampak yang signifikan terhadap pemahaman membaca. Hal ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang tinggi antara penguasaan kosakata dan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Palu. Kosakata memiliki peran penting dalam pemahaman membaca mereka. Siswa akan dapat memahami bacaan dengan lebih mudah setelah mereka menguasai kosa kata. Jika siswa diajarkan kosa kata dengan benar, itu akan mempengaruhi pemahaman membaca mereka karena kedua variable memiliki korelasi kuat. |