JudulAnalisis Masalah Keterampilan Pemahaman Mendengarkan Siswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tadulako |
Nama: AN-NAFI SAWAL |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah pemahaman mendengarkan pada mahasiswa. Peneliti mengambil mahasiswa semester tiga sebagai responden dalam penelitian ini. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sebanyak 15 mahasiswa dari 249 mahasiswa dipilih sebagai responden. Mereka diberikan angket untuk mengumpulkan data untuk penelitian kualitatif ini. Hasil angket kemudian dianalisis berdasarkan prosedur analisis tematik. Angket dilakukan dengan memberikan dua puluh pernyataan yang telah disiapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, mahasiswa menghadapi tiga masalah utama dalam pembelajaran pemahaman mendengarkan, pertama, panjang dan kecepatan serta variasi aksen, kedua, kurangnya kosakata, dan terakhir adalah kurangnya konsentrasi. Dari hasil penemuan ini, peneliti menyarankan dua strategi. Pertama, untuk mahasiswa, mahasiswa diharapkan mampu berlatih dan terbiasa mendengar berbagai aksen dan variasi kecepatan yang berbeda. Latihan kosakata secara teratur mencari sumber belajar yang relevan dapat meningkatkan kosakata mahasiswa dan yang terakhir, mengutamakan mendengarkan, keterlibatan aktif, dan menerapkan teknik konsentrasi dapat membantu mahasiswa mengatasi gangguan konsentrasi dan meningkatkan pemahaman mendengarkan. Kedua, bagi para pendidik, peneliti berharap dengan mengetahui masalah belajar mendengarkan mahasiswa, para pendidik dapat secara efektif mendukung mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan dan mencapai hasil yang lebih baik bagi mahasiswa dalam mempelajari keterampilan pemahaman mendengarkan. |