JudulInvestigasi Kesalahan Siswa Dalam Menulis Teks Recount Yang Ditulis Oleh Siswa Kelas X SMA Karuna Dipa Palu |
Nama: SRI WAHYUNI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Sri Wahyuni, 2022. “Investigasi Kesalahan Siswa Dalam Menulis Teks Recount Yang Ditulis Oleh Siswa Kelas X SMA Karuna Dipa Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Di bawah Bimbingan H. Jamiluddin dan Budi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan kesalahan yang paling dominan yang ditulis oleh siswa kelas X SMA Karuna Dipa Palu tahun ajaran 2021/2022 dalam menulis teks recount. Peneliti menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Karuna Dipa Palu. Peneliti mengambil kelas X Sosial sebagai subjek penelitian. Kelas ini terdiri dari 9 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode paper-and-pencil sebagai teknik. Dan analisis dokumen sebagai instrumen. Setelah data terkumpul, peneliti menganalisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat aspek kesalahan yang dibuat siswa dalam menulis teks recount. Seperti: konten (11,8%), organisasi (17,6%), tata bahasa (41,2%), dan kemudian kosakata (29,4%). Artinya, kesalahan yang paling dominan dalam menulis teks recount adalah tata bahasa dengan persentase 41.2%. Selain itu, penyebab kesulitan siswa dalam menulis teks recount adalah kelemahan tata bahasa, pengetahuan, pemahaman, dan kurang latihan. Kata Kunci; Menulis; Kesalahan Dalam Menulis; Teks Recount. |