JudulPERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA LABCHOOL UNTAD PALU |
Nama: DEA RIZKI SAFITRI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan motivasi siswa SMA Labschool Untad Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peranan guru di SMA Labschool Untad Palu dikategorikan sudah baik. Berdasarkan hasil wawancara ada beberapa cara yang dapat dilakukan dan diperhatikan untuk meningkatkan motivasi belajar pertama membuka kelas dengan energi positif, melakukan small talk dan memperhatikan kesiapan siswa dalam belajar. Selanjutnya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain memberitahu tujuan belajar, memberikan kesempatan kepada setiap siswa secara aktif menjawab pertanyaan, menggunakan games, belajar diluar kelas, mengunjungi tempat wisata, belajar melalui praktik secara langsung, memperkuat pengetahuan dasar sebelum beralih ke tingkat selanjutnya, membuat siswa tertawa serta membantu siswa mengatasi masalah dalam belajar. Terakhir memanfaatkan fasilitas pendukung belajar seperti aplikasi belajar dan fasilitas sekolah. Pelaksanaan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu (1) guru sebagai fasilitator (2 ) guru sebagai informer (3) guru sebagai motivator (4) guru sebagai inisiator (5) guru sebagai evaluator (6) guru sebagai director (7) guru sebagai mediator. Kata Kunci: Peranan Guru, Motivasi Belajar |