Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDAMPAK SOSIAL MEDIA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG DI RASAKAN OLEH SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA PALU
Nama: EGI REGITASARI
Tahun: 2023
Abstrak
Media sosial memiliki banyak fitur yang disukai remaja, seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok. Media sosial tersebut memiliki manfaat yang tidak hanya terkait dengan kesenangan tetapi juga prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak media sosial terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Subjek penelitian deskriptif kualitatif ini adalah 20 siswa dari Jurusan Bahasa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Setelah menganalisis data, temuan penelitian menunjukkan bahwa media sosial memainkan peran penting bagi siswa dalam meningkatkan prestasi bahasa Inggris mereka. Dari semua jenis media sosial, YouTube adalah yang paling banyak digunakan oleh siswa. Mereka meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka dengan menonton berbagai hal di YouTube, seperti film, video, konten pembelajaran, lirik lagu, dan vlog. Mereka menggunakan bahasa Inggris dan subtitle dalam bahasa Indonesia, sehingga para siswa dapat meningkatkan penguasaan kosakata, kefasihan berbicara, pemahaman mendengarkan, dan pengucapan. Selain itu, media sosial juga memiliki peran dalam membantu mereka menyelesaikan tugas-tugas mereka. Namun, media sosial juga membawa kerugian bagi para siswa. Mereka menjadi sulit mengatur waktu dan malas untuk melakukan kegiatan lain. Solusi dari permasalahan tersebut, menurut Turkle (2012), orang tua dan guru harus dapat menyadarkan siswa tentang pengaruh media sosial terhadap kesehatan mental dan pergaulan, serta memberikan batasan-batasan dalam menggunakan media sosial. Kata kunci: Dampak, Pembelajaran bahasa inggris, Sosial media.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up