JudulANALISIS KESALAHAN YANG DILAKUKAN OLEH SISWA DI SMAN 9 PALU DALAM MENULIS TEKS RECOUNT |
Nama: RESTAVIA CITRA DINI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Restavia Citra Dini, A12118033. An Analysis of Errors Committed by The Students of SMAN 9 Palu in Writing Recount Text. Skripsi. English Education Study Program, Language and Art Education Department, Teacher Training and Education Faculty, under the supervisor Konder Manurung and Afrillia Anggreni. The purpose of this study is to identify the frequent errors and also the factors that caused the errors committed by the students of SMAN 9 Palu in writing recount text. A descriptive qualitative method is used to gather the data of written document and the results of interview. The research is focus on six types of errors by Azar and Norrish’s theory about factors of errors. The subjects of this research were 38 students in the tenth grade. The results of data analysis show that there were 166 errors in students’ written recount text and 4 factors that caused the errors, of which 3 are included in Norrish’s theory, they are: carelessness, first language interference, and translation. The frequent errors occur in omit a word with 47 errors (28%) and verb tense with 43 errors (26%), it followed by spelling with 39 errors (24%), word form with 18 errors (11%), add a word with 12 errors (7%), and the lowest one goes to errors in word order with 7 errors (4%). Moreover, the factors of errors are caused by the students’ lack of knowledge, carelessness, first language interference, and the use of translation, which make the students in SMAN 9 Palu still have less ability to write a recount text properly. It is important to consider the results of this research to increase the students’ knowledge in English basic grammar and hopefully students are enlightened that using translation without any knowledges of target language may cause the errors. Keyword: Error, Grammar, Recount Text Restavia Citra Dini, A12118033. Analisis Kesalahan yang Dilakukan oleh Siswa di SMAN 9 Palu dalam Menulis Teks Recount. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dibawah bimbingan Konder Manurung dan Afrillia Anggreni. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kesalahan yang sering terjadi dan juga faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa di SMAN 9 Palu dalam menulis teks recount. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data berupa dokumen tertulis dan hasil wawancara. Penelitian ini berfokus pada enam jenis kesalahan berdasarkan tipe Azar dan tiga faktor berdasarkani teori Norrish. Subyek penelitian ini adalah 38 siswa kelas 10. Hasil analisis data menunjukan terdapat 166 kesalahan pada teks recount siswa dan 4 faktor penyebab kesalahan yang mana 3 dari faktor ini termasuk dalam teori Norrish yaitu: kecerobohan, interferensi bahasa pertama, dan terjemahan. Jenis kesalahan yang sering terjadi yaitu pada penghilangan kata dengan 47 kesalahan (28%), dan tenses kata kerja sebanyak 43 kesalahan (26%), diikuti oleh ejaan sebanyak 39 kesalahan (24%), bentuk kata sebanyak 18 kesalahan (11%), penambahan kata sebanyak 12 kesalahan (7%), dan yang terendah yaitu urutan kata sebanyak 7 kesalahan (4%). Selain itu, terdapat faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan ini adalah kurangnya pengetahuan siswa, kecerobohan, interferensi bahasa pertama, dan terjemahan, sehingga membuat siswa di SMAN 9 Palu masih memliki kemampuan yang rendah dalam menulis teks recount dengan baik. Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan hasil penelitian ini untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai dasar tata bahasa Inggris dan diharapkan siswa dapat menyadari bahwa menggunakan terjemahan tanpa adanya pengetahuan mengenai aturan Bahasa target dapat menyebabkan kesalahan/error. Peran guru dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan siswa. Kata kunci: Kesalahan, Tata Bahasa, Teks Recount |