Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS : PERSPEKTIF MAHASISWA
Nama: DINDA PERMATASARI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Dinda Permatasari (2025). Skripsi ini berjudul “Penggunaan Media Sosial Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris : Persprektif Mahasiswa”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Di bawah bimbingan Konder Manurung dan Wahyudin. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Universitas Tadulako tentang penggunaan media sosial untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 40 mahasiswa dan wawancara dengan empat partisipan terpilih. Temuan penelitian menunjukkan bahwa platform media sosial seperti TikTok, YouTube, dan Instagram banyak digunakan karena aksesibilitasnya, keragaman kontennya, dan formatnya yang menarik. Mahasiswa merasa bahwa media sosial meningkatkan kemampuan kosakata, membaca, mendengarkan, berbicara, dan pengucapan mereka. Meskipun terdapat tantangan seperti gangguan, konten yang tidak pantas, dan keterbatasan teknis, mahasiswa umumnya menganggap media sosial sebagai alat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Penelitian ini menyarankan agar mahasiswa dan dosen memanfaatkan media sosial secara kritis dan kreatif untuk mendukung pembelajaran bahasa. Kata Kunci: Media sosial, perspektif mahasiswa, pembelajaran Bahasa Inggris, penelitian kualitatif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up