JudulEektivitas Teknik Pencacah Kesalahan Dalam Mengajarkan Hubungan Sebab Akibat Pada Siswa Kelas Sebelas SMA Negeri 1 Peling Tengah |
Nama: SITI NUR SIFA A. LIOSY |
Tahun: 2023 |
Abstrak Siti Nur Sifa A. Liosy, 2023. “The Effectiveness of Mistake Buster Technique in Teaching Cause Effect Relationship at the Eleventh Grade Students of SMA Negeri 1 Peling Tengah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Tadulako University, Pembimbing (1) Nadrun (2) Agussatriana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik pemecah kesalahan efektif dalam mengajarkan tata bahasa Inggris hubungan sebab akibat pada siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Peling Tengah atau tidak. Penelitian ini menerapkan desain penelitian experimen semu. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelompok eksperimental dan siswa kelas XI IPA sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah berdasarkan purposive sampling. Dalam pengumpulan data, terdapat pre-test dan post-test sebagai instrumen penelitian. Analisa data menunjukan bahwa nilai rata-rata deviasi dari kelompok experimental adalah 21,849, sedangkan kelompok kontrol mendapatkan 28,095. Selanjutnya, data dianalisa dengan menggunakan t-tes dengan derajat kebebasan adalah (39). Hasil analisa data menunjukan nilai t-hitung lebih rendah dari t-tabel (- 0,979<1,667). Hal itu menunjukkan bahwa hipotesis ditolak atau teknik pemecah kesalahan tidak efektif dalam mengajarkan tata bahasa hubungan sebab akibat pada siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Peling Tengah. Kata Kunci: Teknik Pembasmi Kesalahan, Hubungan Sebab Akibat, Efektivita |