JudulPERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DARING PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: SITI MAISYARAH MALONDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Siti Maisyarah Malonda, 2024. "Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Daring di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Tadulako". Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di bawah bimbingan Rofiqoh dan Agussatriana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris daring di program studi pendidikan bahasa Inggris di Universitas Tadulako. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif yang berfokus pada persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris daring. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu kuesioner dan wawancara. Sebanyak tiga puluh sembilan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris diambil sebagai responden penelitian ini. Peneliti mengambil tiga puluh sembilan responden untuk kuesioner. Enam dari responden tersebut diambil untuk wawancara. Penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa memiliki persepsi negatif terhadap pembelajaran Bahasa Inggris daring. Sebagian besar mahasiswa setuju bahwa pembelajaran Bahasa Inggris daring menyebabkan banyak masalah dalam proses belajar mereka. Pembelajaran daring tidak dapat meningkatkan pemahaman dan pemikiran kritis mereka dalam Bahasa Inggris. Namun, bagi beberapa mahasiswa, pembelajaran Bahasa Inggris daring mungkin efektif jika dosen yang mengajar mampu mengelola dan mengontrol proses belajar dengan baik. Selain itu, mahasiswa kurang termotivasi untuk belajar secara daring. Sebagian besar dari mereka lebih memilih pembelajaran secara tatap muka. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran daring memiliki dampak negatif ke dalam lingkungan belajar formal dan informal tidak banyak berkontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan efektif. Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Bahasa Inggris. |