JudulHambatan Dalam Pembelajaran Inggris Online Yang Dihadapi Siswa Kelas 7 MTsN 2 Palu Barat |
Nama: RIFKHAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRACT Rifkhan, 2023. “Barriers in Online English Learning Faced by the Seventh Grade Students of MTsN 2 Palu Barat”. Skripsi, English Education Study Program, Language and Art Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University, under the supervision of Jamiluddin and Agussatriana. The objective of this research was to find out barriers faced by the seventh grade students in online English learning of MTsN 2 Palu Barat. This research applied descriptive qualitative as the method to collect the data and digital questionnaire as an instrument. In this research, digital questionnaire was distributed via Google Form Link. There were 121 seventh grade students participated to fill out the questionnaire. Based on the results of this research, the most agreeable responses from students show that there are 3 main barriers faced by students in online English learning. The first barrier was weather conditions that could affect internet connection speed with 96 (79.3%) students answered yes and only 28 (20.7%) answered no which means students attend to agree that weather factor become a barrier. The second barrier was the high cost of internet access quota (kuota akses internet) with 92 (76%) students answered yes and 33 (24%) answered no it means that they feel the price of internet access quota is quite expensive so that it become a barrier in online English learning. The third barrier is using poorly designed or incompatible devices with 75 (62.3%) answered yes and 47 (37.7%) students answered no. In this case, battery resistance is one of the factors that inhibit students in online English learning because they have to charge their devices all the time. Keywords: Online English Learning, Barrier ABSTRAK Rifkhan, 2023. “Hambatan Pembelajaran Bahasa Inggris Daring yang Dihadapi Siswa Kelas VII MTsN 2 Palu Barat”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Jamiluddin dan Agussatriana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan yang dihadapi siswa kelas tujuh dalam pembelajaran bahasa Inggris online di MTsN 2 Palu Barat. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai metode pengumpulan data dan kuesioner digital sebagai instrumen. Dalam penelitian ini kuesioner digital disebarkan melalui Google Form Link. Ada 121 siswa kelas tujuh berpartisipasi untuk mengisi kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian ini, tanggapan siswa yang paling setuju menunjukkan bahwa ada 3 hambatan utama yang dihadapi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris online. Hambatan pertama adalah kondisi cuaca yang dapat mempengaruhi kecepatan koneksi internet dengan 96 (79,3%) siswa menjawab ya dan hanya 28 (20,7%) yang menjawab tidak yang artinya siswa setuju bahwa faktor cuaca menjadi hambatan. Hambatan kedua adalah mahalnya kuota akses internet (Internet access quota) dengan 92 (76%) siswa menjawab ya dan 33 (24%) menjawab tidak berarti mereka merasa harga kuota akses internet cukup mahal sehingga menjadi penghalang dalam pembelajaran bahasa Inggris online. Hambatan ketiga adalah menggunakan perangkat yang dirancang dengan buruk atau tidak kompatibel dengan 75 (62,3%) siswa menjawab ya dan 47 (37,7%) siswa menjawab tidak. Dalam hal ini, daya tahan baterai menjadi salah satu faktor yang menghambat siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris online karena harus mengisi daya perangkatnya setiap saat. Kata kunci : Pembelajaran Bahasa Inggris Online, Hambatan |