JudulKOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGAJAR BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 13 PALU |
Nama: NURLIYANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nurliyanti (A 121 17 240). “Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengajar Bahasa Inggris di SMP Negeri 13 Palu.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing(1) Nadrun, S.Pd., M.Ed (2) Maf’ulah, S.Pd., M.Pd Penelitian ini berfokus pada kompetensi pedagogik guru bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris di SMP Negeri 13 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Observasi digunakan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dalam mengajar bahasa Inggris. Wawancara digunakan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam mengajar bahasa Inggris. Observasi juga digunakan untuk melihat proses mengajar bahasa Inggris di kelas. Hasil angket menunjukkan bahwa persepsi siswa pada guru bahasa Inggris ketika mengajar bahasa Inggris adalah kompetensi pedagogik yang sangat baik dalam menguasai karakteristik siswa, kemampuan mengembangkan kurikulum/silabus, mengembangkan potensi siswa dan evaluasi hasil belajar. Hasil wawancara dengan empat guru bahasa Inggris menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitan dalam pembelajaran yaitu dalam penggunaan teknologi dan pengembangan potensi siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik empat guru bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris dalam kategori baik. Secara umum kompetensi pedagogik guru bahasa Inggris di SMP Negeri 13 Palu secara umum berada pada kriteria baik. Kata Kunci: Guru, Kompetensi, Kompetensi Pedagogik. |