Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStudi Pembelajaran Tentang Penerapan Permainan Hangman Dalam Pembelajaran Penguasaan Kosa Kata.
Nama: SUHAERIN
Tahun: 2023
Abstrak
Abstrak Suhaerin (A 121 17 236). “Studi Implementasi Hangman Game Dalam Pengajaran Penguasaan Kosakata”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Konder Manurung dan Afrilia Anggreni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan permainan Hangman dalam pengajaran kosa kata dan untuk mendeskripsikan bagaimana penguasaan kosa kata siswa setelah penerapan Hangman. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif yang menerapkan Metode Penelitian Perpustakaan. Data dikumpulkan dari tulisan ilmiah tentang penerapan Hangman dalam pengajaran kosa kata antara tahun 2016 dan 2021. Tulisan ilmiah ditemukan dari perpustakaan dan internet. Data dianalisis menggunakan analisis isi berdasarkan Wilson (2016). Ada lima karya ilmiah dari Mustafida (2016), Nanda Eliza Putri (2017), Nada Nabila (2018), Jurasni (2019) dan Putri Ramadani (2021). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan Hangman pada lima penelitian berbeda dilakukan secara bervariasi. Beberapa peneliti merujuk pada rekomendasi ahli menggunakan prosedur Hangman oleh Greenal S. (1988) dan Wright (2006). Mustafida (2016) menggunakan prosedur Wright (2006), Nanda Eliza Putri (2017) menggunakan prosedur Greenal (1988), Nada Nabila (2018) menyusun prosedur sendiri, Jurasni (2019) menggunakan prosedur Greenal (1988) dan Putri Ramadani (2021). Menggunakan prosedur Greenal (1988). Semua penelitian menunjukkan bahwa kosakata siswa meningkat setelah menerapkan Hangman dalam penelitian mereka. Hangman memiliki beberapa dampak pada siswa. Yaitu meningkatkan motivasi siswa untuk mempelajari kosa kata, siswa mudah memahami materi, siswa dapat membuat kalimat sederhana, siswa memperoleh kosa kata baru, kosa kata siswa bertambah, dan siswa mampu memahami materi. Disimpulkan bahwa penggunaan Hangman Game dalam pengajaran kosa kata efektif. Dengan kata lain, perbedaan dalam pengajaran prosedur Hangman tidak berdampak negatif terhadap penguasaan kosa kata siswa. Kata Kunci: Kosakata Bahasa Inggris, Hangman, Implementasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up